Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya Menurut Islam

Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya - Masih dalam kategori yang sama bahwa disini kami masih membahas seputar hal-hal yang hukumnya sunnah dikerjakan oleh orang islam. Setelah kemarin kami membahas seputar sholat sunnah kini memulai pembahasan terbaru dengan topik puasa sunnah, dan salah satu puasa yang pangkatnya sunnah yaitu puasa senin kamis yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Apabila dilihat dari segi hukum, dalam ajaran agama islam puasa terbagi menjadi 4 macam/jenis yaitu ada puasa yang pangkatnya wajib seperti puasa ramadhan, ada juga puasa yang hukumnya sunnah seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu puasa senin kamis, kemudian puasa yang pangkatnya makruh seperti puasa di hari jum'at, kemudian yang terakhir puasa haram misalkan puasa di Hari Tasyrik ( tanggal 11, 12 da 13 Dzulhijjah ).

Adapun pengertian dari puasa sunnah senin kamis yaitu menahan diri pada hari senin dan kamis dari kegiatan makan dan minum dan segala hal yang dapat mengakibatkan batalnya puasa yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Dan apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa.

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya Menurut Islam

Dalam setiap perilaku atau perbuatan pasti ada hikmah dibaliknya, apalagi dalam puasa senin kamis. Ketika kita membiasakan puasa senin kamis maka kita akan menemukan hikmah dan manfaat dari pada puasa tersebut dan diataranya adalah menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat, juga ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita karena mengistirahatkan pencernaan makanan.

Puasa senin kamis ini adalah puasa sunnah yang paling sering dikerjakan oleh Nabi Muhammad Saw semasa beliau masih hidup, Dan puasa sunnah ini adalah puasa yang paling dianjurkan oleh Baginda Nabi, Mengapa demikian? hal ini di berdasarkan sebuah hadist yang artinya “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

“Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” Dan ketika Rasulullah ditanya tentang alasnnya, Beliau bersabda “Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan.” Maka Allah pun berfirman “Tangguhkan keduanya.” (HR. Ahmad)

Niat Puasa Hari Senin Bahasa Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Tulisan Latin : Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa
Artinya : Saya niat puasa hari senin, sunnah karena Allah ta'ala

Niat Puasa Hari Kamis Tulisan Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bahasa Latin : Nawaitu Saumal Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillaahi Ta'aala
Terjemahan : Saya niat puasa hari kamis, sunnah karena Allah ta'aalaa

Doa Buka Puasa Senin Kamis

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latinnya : Allohumma Laka Sumtu Wabika Aamantu Wa'alaa Rizqika Afthortu Birohmatika Yaa Arhamar Roohimiin.
Terjemahannya : "Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih"

Mudah-mudahan kita selaku umat akhir zaman dapat tergolongkan menjadi umat kangjeng Rosul Saw dan diakhirat nanti semoga mendapatkan syafa'at darinya setelahnya kita mendawamkan puasa senin kamis dan jangan lupa untuk membaca niat puasa senin kamis, sebelum melakukan puasanya.

Advertisement