Bacaan Doa Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Arab Latin

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Arab Latin - Baiklah setelah sekian lama saya tidak membuat artikel tentang doa, puasa, sholat,dan niat kali ini dan pada kesempatan yang baik yang di berikan oleh allah swt insyaallah kami akan membahas niat puasa lebih tepatnya tentang bacaan niat puasa ramadhan.

Puasa mempunyai dua makna/depinisi yang pertama menurut bahasa yaitu menahan,contoh seperti kita mau berak,karena tanggung lagi ada dalam mobil ditahanlah sakit perutnya,itu kalau menurut bahasa puasa namanya, maksud saya memberi contoh begitu ada keterangan tentang perbedaan makna bahasa dan makna syar'i yaitu "karena sesungguhnya makna bahasa itu lebih umum daripada makna syar'i.

Adapun depinisi puasa secara syar'i adalah menahan diri dari perbuatan yang bisa membatalkan puasa seperti muntah di sengaja, keluar mani di sengaja, makan di siang hari, bersetubuh suami istri di siang hari, pinsan atau tidak ingat, tidak membacan niat di malam hari, dan lain sebagainya.

Bacaan Doa Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Arab Latin

Berpuasa di bulan ramadhan itu sangat di wajibkan bahkan wajibnya juga menurut hukum syar'i yang mempunyai arti (apabila di kerjakan dapat pahala dan apabila di tinggalkan akan mendapat siksa)khusus bagi saya dan kalian yang sudah mampir ke artikel kami umumnya bagi kaum adam dan hawa mau anak-anak atau orang dewasa yang beragama islam. Adapun dalil yang menerangkan tentang di wajibkannya puasa ramadhan, firman allah dalam al-qur'an surah al baqarah ayat 183 yang berbunyi

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Yaa ayyuhal ladziina aaamanuu kutiba 'alaikumus syiyaamu kamaa kutiba 'alaalladziina min qoblikum la'allakum tattakuun"

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (QS Al-baqarah ayat 183).

Inilah beberapa keterangan dalam sebuah hadist yang menjelaskan tentang berpuasa yang artinya "Telah di ceritakan kepada kami Abdullah bin Musa dia berkata, telah mengabarkan kepada kami Hanzhalah bin Abu Sufyan dari ‘Ikrimah bin Khalid dari Ibnu Umar berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Islam dibangun diatas lima (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan,'” (HR. Bukhari – 7, HR. Muslim 20, 21, 22, Tirmidzi 2534, Nasa’i 4915, Ahmad 5414, 5743, 6019)

Dengan demikian disini kami akan share bancaan niat puasa ramadhan lengkap dengan doa berbukanya yang akan kami tulis kedalam bahasa arab dan latin juga diterjemahkan kedalam bahasa indonesia sebagai artinya.


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA
Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Demikianlah pembahasan kami yang sudah menjelaskan doa niat puasa, bagi sahabat yang suka mengerjakan puasa sunnah dan belum hafal dengan bacaan niatnya maka lihat pada postingan sebelumnya seperti niat puasa idul adha dan puasa sunnah lainnya.

Advertisement